Camperenik Birds Farm

Monday, July 6, 2015

MELATIH BURUNG MERPATI

Melatih burung merpati sangat lah gampang...tapi kalo gak gampang....susah juga heheheheh. Yah intinya simple tapi ribet juga, ribet tapi bisa dibilang simple....wedew ah bgimana nih nulis... pastinya, memang mesti kudu perhatian bener sob...bukan hanya sekedar dilatih juga, tapi hal lain pun kudu bener diperhatiin agan-agan.... biar doi bisa ngawang tanpa beban. Kalo gak ngawang kita juga yang kena beban....hadoooh ngaco lagi nih. 

Merpati termasuk dalam kategori binatang yang unik, dia cukup memiliki daya ingat yang tinggi jika dibanding beberapa hewan peliharaannya, dan dia termasuk juga kategori ras burung yang cukup pintar. Oleh karenanya, keberhasilan kita merawat dan melatih doi, karena dihasilkan dari perawatan yang bener, pemberian makanan yang jelas, serta bentuk penangganan lain yang gak bisa ane sebutkan satu per satu....monggo dipikirkan saja ya boss.....(baca: makanan burung merpati) dan (multivitamin burung merpati) 

Saat kita dihadapkan dengan burung merpati serta siap merawat dan memeliharanya, pastikan sobat sudah cukup tahu soalan berbagai tips dan tricknya dunk....biar gak salah....terlepas itu burung merpati tinggi, balap (kolongan), hias, pos, maupun jenis keturunan lainnya...tetap sedikitnya harus ngerti sobb...apalagi mau ngelatih sekelas burung balap dan tinggi, sama halnya dengan pos juga....Cuma pembedanya ya itu dia....kalo merpati pos jarang digeber (diklepek) bos....doi gak mau...doi lebih seneng pulang rumah doang....Cuma kehebatannya doi bisa bermil-mil jauhnya, dibanding burung lokalan kaya burung merpati tinggi maupun kolongan.

Mau trah juara ataupun biasa...teuteup keduanya perlu dipelihara dan dirawat sebaik-baiknya bos.....nah biar ente sekalian gak Cuma-Cuma banyakin merpati biasa lantas mputer otak bingung kasi makannya karena udah terllalu banyak...mending tuh burung jual aja sekalian...heheheh kidding sob....karuan yang udah bener keturunannya jadi kita gak sulit-sulit amat ngelatihnya...hehehe...itumah pesen buat ane saja bos....bukan buat agan2 sekalian hehehe.  
Ok deh langsung aja, udah berbusa nih ngomong kemana aja.... gini Sobat... melatih burung merpati itu ada tahapannya, tahap pertama jarak dekat, tahap kedua jarak menengah, tahap ketiga jarak jauh, dan tahap terakhir bisa nyampe finish dan alhamdulillah gak ilang heheheh... 

Merpati dasaran(kolongan)/balap itu yang ane tahu doi Cuma jago didasaran saja...hebatnya merpati kolongan dia kalo dasaran nyamber banget....lebih kenceng dan tentunya jaraknya gak sejauh burung merpati tinggian....soalnya kalo tinggian semakin dia jauh diterbanginnya...udah pasti semakin tinggi pula doi cari jalan pulangnya alias nyamperin pasangannya. 

Ya kalo tinggian di terbangin kek burung kolongan mah ya tetep aja itumah ajang balap kolongan ehehhehe... Nah biar sobat paham soalan beda burung merpati tinggian dan dasaran (baca: beda merpati balap dan merpati tinggi)

Melatih Dasaran 
Saat masa giring keras/ngeket. (baca: tips supaya burung giring keras/ngeket). Cobalah sobat geber pake betinanya, biar tuh burung nyamperin.....jarak dekat saja dulu, sekitar dua-tiga meteran, terus berulang secara kontinyu setiap hari saat masa giring menghampiri. Lalu, mulailah Menuju ketingkat jarak yang lebih jauh lagi. 

Usahakan latihan tersebut lakukan dalam sehari minimal 3x, jangan terlalu diporsir. Lalu usahakan pula sebelum dilatih terbang, doi berpasangan dikurung, dijemur dipagi hari sekitaran jam 07.00-10.00 pagi, lantas sore harinya sekitaran jam 2-3siang latihlah seperti contoh diatas tadi.

Arah terbang burung usahakan ambil arah lurus saja, maksudnya jangan belo-belok, guna melatih dia supaya konsisten terbangnya dibawah. (baiknya sih dilapangan besar dan luas). 

Lalu jika dia biasa terbang, dimulai dari arah timur..terus lakukan secara konsisten, jangan berubah arah. Kecuali dirasa sobat sudah cukup faham dan gak salah arah, barulah berbagai arah. semisal diibaratkan 800meteran- 1 km, dan sudah bisa nyamperin betinanya, barulah coba lakukan dengan lawan arah. 

Tentunya kembali lagi ke awal cara melatihnya, dari jarak dekat lalu kemudian jarak jauh. Begitu dan seterusnya. Untuk melatih dan melihat kemampuannya, awal pertama usahakan bawa lawan main burung lainnya. 

Coba terbangkan terlebih dahulu si lawan mainnya, baru beberapa menit kemudian doi menyusul. Lakukan terus dan terus....saat dirasa sudah terlihat kemampuan kecepatan terbangnya dalam hitungan detik seolah sudah mampu menyaingi lawan mainnya...coba tes diterbangkan secara bersamaan..lantas sobat bisa lihat kemampuannya. 

Intinya pelatihannya, lakukan sendiri tanpa dengan lawan mainnya (kalo bisa burung pelatih), barulah sesekali dengan pelatihnya. Powerfull yang mampu ia besut akan terlihat jika terus dilatih, karena jika dilatih terus berikut secara perawatan ok (baca: merawat burung merpati), dan bahkan secara fisiknya mantap, lantas memiliki trah juara...pastinya saat sobat terbangkan, akan terlihat dan sobat rasakan seperti apa kemampuannya...selanjutnya terserah sobat mau diapakan...heheheh 

Melatih Tinggian 
Hal pertama yang mesti dilakukan sobat, terapkanlah cara yang ada pada pelatihan burung merpati kolongan(dasaran), dan lakukan pada pelatihan khusus merpati tinggian ini. Agar doi tahu persis rupa pasangannya, kenal pasangannya, dan gila dibuatnya.....heheheheh. 

Hanya saja bedanya tahapan jarak demi jarak kudu diperhatikan bener, salah-salah bukannya nyampe malah ngilang...konon katanya sih karena faktor karakter dari segi warna dan fisiknya (baca: karakter merpati yang mampu besut prestasi) dan (baca: karakter merpati dari segi warna bulu), saat dirasa agan-agan saat melatih jarak yang sudah agak jauh, mestinya cobalah dipandu juga dengan lawan burung lainnya atau oleh pelatih (burung lain) yang sudah mapan, bisa terbang tinggi dan tahu jalan pulang.

Jadi mestilah sobat bawa burung yang berkarakter pelatih. Biasanya karakter pelatih ini gak cepet nyampe pulang, tapi bisa bawa si doi jalan-jalan dulu. Intinya si pelatih ini akan membentuk karakter si doi gimana bersikap saat berakselerasi ngawang diudara. (baca : karakter Burung merpati pelatih) Nah giliran doi karakternya pengen pulang, biasanya itu yang didemenin orang yang gandrung akan olahraga geber merpati tinggian. Tapi bukan hanya cepat saja, power nukik, kemudian gaya terbang dan finishingnya pun saat diakhir, akan nampak terlihat sob... Melatih merpati umumnya akan lebih efektif jika disandingkan dengan burung merpati pelatih tinggian yang sedang tidak dalam kondisi giring kepada pasangannya. Biasanya itu nampak pada karakter tipe burung merpati pelatih. Jadi selain ngawang diudara, si merpati tuh akan tahu jalan pulang sekaligus terpacu ingin segera sampai tujuan. 

Paling oke melatih merpati ini, baiknya pagi hari dan siang hari, sebelum jam 4 sore tiba....karena kalo sudah sore hari, matahari sudah gak terlalu panas dan siap menuju malam, jadi kecenderungan nggak sampe dan ngilang itu umum terjadi...dikarenakan kelamaan terbang lah atau kondisi cuaca yang udah agak mendung atau yang lainnya, yang memungkinkan daya lihat siburung merpati agak terbatas.
Metode pelatihan terbang dengan pelatihnya lakukan seperti pada pelatihan burung merpati kolongan, yakni cara menerbangkannya lepaslah tuh senior, lalu beberapa saat barulah si anakan menyusul, lakukan terus secara kontinyu. 

Kalo dirasa agak lama sampainya, mending jangan coba dulu menempuh jarak yang lebih jauh lagi. Ada kalanya kita butuh waktu lama melatih burung dari segi jarak jauhnya. Terkadang hampir di 1-2 km pun itu bisa tahunan sob.... tapi itu tergantung karakter dan kemampuannya lagi sob, nah soalan latihan bareng burung lain, tidak mesti dilakukan, sesekali coba terbangkan sendiri, semakin sering semakin baik...berarti tuh burung secara insting pulang udah mantap boss.. 

Intinya pelatihan ini dilakukan secara beratahap. Jangan terlalu sering dan jangan kelamaan juga,,,berabe tarnya malas terbang dan malas latihan sobbb... Nah, Soal arah pun sama halnya dengan melatih cara dasaran (kolongan), di berbagai arah, dan diulang dan dimulai dari jarak dekat sampai kemudian jarak jauh. 

Nah catatan kaki lainnya nih buat sobat yang newbie soal geber merpati... ada kalanya tuh burung gak giring, dan memasuki masa hibernasi, masa angrem saat betina mulai memproduksi telur....baiknya tunggu dulu, sibetina mulai bertelur...saat sudah bertelur (baca: tipscabut telur dan lahirkan anakan merpati balap) biarkan saja selama satu minggu kedua pasangan itu bergantian saling mengerami telurnya.saat sudah lebih dari seminggu baru sobat cabut telurnya, lantas mau dibuang apa dimakan monggo terserah agan-agan...

Usahakan jangan dianakan..karena pakar yang expert soal geber merpati, sebagian bilang ntarnya akan mempengaruhi kemampuan tuh burung...menyoal inget ma anaknya lah, atau apalah dan lain sebagainya. 

Ok sobat pigeonlovers, kurang lebih seperti itu....
keep practice and Gasspollll....gan 

Semoga Infonya bisa membantu...

No comments:

Post a Comment

buat agan-agan, sobat pigeonlovers berikut para pakar geber burung merpati
monggo di share pengalamannya. mohon maaf, komentar bahasanya dijaga.