Camperenik Birds Farm

Tuesday, July 7, 2015

TIPS CABUT TELUR DAN LAHIRKAN ANAKAN MERPATI BALAP

Hi...How are U Sob?? Jhahahaah... gini sob ane mau berbagi tips soalan pengen nganakin merpati yang dianggap sobat ok sangat ngawang dan diudara...harapannya sih moga-moga mirip kek bapaknya (baca: karakter fisik merpati yang mampu besut prestasi) baca pula (karakter merpati dari warna bulu). 

Lantas dengan nganakin tuh burung, teutetup doi masi bisa dimainin...diklepek-klepek gitu di lapangan atau bahkan didekat rumah agan-agan sekalian. Dengan artian nganakin, tapi nggak ganggu doi soal eram mengerami dan kasi makan (lolohan) buat anaknya. So, mudah-mudahan tar anakannya berkualitas sama kek bapaknya. 

Lalu apa yang mesti dilakukan...? bgini sob, itu bisa dianggap mudah...asalkan sobat sekalian punya indukan lain yang berpasangan. Artinya sobat tuh coba pindahin telurnya, saat doi sudah ngerami hampir satu minggu....maksud ane telurnya dicabut trus pindahin dah ke babuan, indukan pasangan merpati lain. Ini tandanya sobat kudu punya pasangan merpati lain yang jadi ganti indukan tuh anakan saat netas nanti. (baca: menyiapkan indukan berkualitas)

Lain soal kalo ane maen cabut, tuh telor mo dirami sopo masss...mo dierami sendiri heheheheh..... Nah saat proses breeding dan hibernasi dimulai, biasanya saat-saat giring keras/ngeketnya sudah lumayan menurun. Umumnya sih tuh pasangan mulai sibuk beraktifitas cari sarang buat dikandangnya. Mbawain ranting bolak-balik dibawa ke kandangnya....ato bahkan tanpa sobat sadari tuh burung saat dikandangin tau-tau betelur gitu aja. 

Nah kalo sudah kayak gitu, sobat cepat deh siapain sarangnya....cari ranting-ranting kering dan kumpulkan didalam kandangnya, biarin doi berdua yang susun, ato biar lebih cepat bisa saja agan-agan sekalian bentukin sarang sendiri...boleh juga kayak gitu...

Biasanya doi betelor satu-dua telor dalam satu kali masa giringan....dari situ sobat biarkan saja doi ngerami gantian....itu dah naluri mereka kok. Suka gantian gitu deh ngeraminya... 

Lantas dirasa sobat seminggu berlalu proses breeding tersebut. Sebelumnya sob kudu mempersiapkan indukan lain yang sedang giring pula, kalo bisa masa lebih baik tuh pas si babuan pasangan nih sama pula waktunya sedang proses breeding... kalo waktunya samaan dan beda beberapa hari masa breedingnya dengan indukan yang akan dicabut telurnya....bolehlah sobat coba....tapi kalo waktunya sudah mingguan mending jangan....karena babuan (indukan pengganti) tersebut akan nganggap nih telur kagak netas-netas padahal sudah waktunya....alih-alih telor tersebut dia hentiin eraminya. 

Pastinya itu berbeda-beda pula kok sob, tetep indukan biasanya tahu klo telor itu akan netas atau tidak, nalurinya kuat kok bro....klo memang kualitas telornya kurang bagus, dan dianggap doi gak kan netas...biasanya tuh telor doi tinggalin juga. (baca: jenis makanan merpati) dan (baca: multivitamin merpati)

Kalo sudah begitu, seminggu lebih berlalu, boleh lah seminggu juga...baru tuh sobat pindahin/cabut telurnya dan pindahin ke si babuan. Cara ngambilnya pelan-pelan saja sob, jangan terlalu sampai kena shaking/getaran keras tuh telur, lebih bagus pake lap, gak juga gapapa yang pasti sedikit berhati-hati saja. Lantas tuh telur kasihin sama babuan. Nah kalo emang tuh babuan sedang bertelor juga, ambil telurnya terserah mau dibuang atau dimakan heheheh....baru deh dah kek gitu pindahin telur dari si indukan aslinya. Biar babuan pasangan itu erami... Sisanya doi indukan asli kebingungan kan sob cari telurnya...heheheh gak masalah....udah deh langsung sobat mandiin tuh burungnya berpasangan sampai basah kuyup, kalo bisa sampai menggigil...heheh tapi kesian juga. 

Setelah itu bersihkan kandang paguponnya beserta sarangnya buang jauh-jauh dan bersihkan sampai tak tersisa...setelah selesai masukin lagi tuh indukan yang mau dimainkan nantinya...kurung doi selama empat-seminggu dalam kandang paguponnya. (baca: tips supaya burung merpati giring keras/ngeket). Kemudian besok paginya jemur mulai jam 7 pagi-10 pagi, lalu kurung lagi...teruslah begitu selama kurang lebih seminggu sobb.... Lantas saat agan-agan keluarin dijamin dah tuh burung giring keras/ngeket dan bisa dimainkan kembali. Sisanya telur dierami si babuan klo sukses jadi netas dan dilolohin...

Dengan begitu sobbat bisa latih lagi dan terbangin tuh burung, sedang anaknya terus diurus oleh si babuan....kasian ya....gak tahu bapak aslinya ehehehehe.... nggak masalah kok sob...toh kalo sudah besarmah kadang berantem juga sama bokap nyokapnya....soalnya memori merpati pendek, biasanya satu minggu atau dua minggu dipisah...mereka bisa gak saling kenal kok..sobb.... 

Oce dehh....moga info ini sedikit membantu sobat, sedikit bereksperimen nganakin dengan model kayak gitu....semoga membantu sobbb...kurang lebihnya ini baru tips dan cara ane, ane yakin mungkin ada yang lebih baik lagi dari cara ini...semoga sukses ya eksperimennya...

4 comments:

  1. mantab sangat bermanfaat salam bekur!!!

    ReplyDelete
  2. Bang kalo punya saya babuannya blom bertelor trus di taro telor player saya mau di keremin ngga ya

    ReplyDelete
  3. PROMO SPESIAL SABUNG AYAM ONLINE BONUS 100% SETIAP HARI !

    Nikmati Promo Spesial Bonus 100% Khusus untuk Permainan Sabung Ayam Online yang di siarkan secara Live (Langsung) dari Arena yang berlokasi di Negara Filipina !

    Pertandingan di liput secara live oleh kru proffesional dari Laga Tournament yang di adakan di negara tersebut ! Minimal Deposit hanya IDR 50.000,- Dan Untuk Taruhannya minimal IDR 20.000,- Saja.

    Dapat di tonton melalui Aplikasi Khusus yang tersedia, Dapat anda download dan Instal di Smartphone Android / iOS kesayangan anda !

    Download S128 APK » Download Aplikasi Sabung Ayam

    Tersedia :
    » Sabung Ayam S128
    » Sabung Ayam SV388
     
    Menerima Transakdi Deposit & Withdraw Menggunakan OVO | GOPAY | LINKAJA | DANA | PULSA dan SEMUA JENIS REKENING BANK DI INDONESIA.

    Promo Spesial Bonus Sabung Ayam 100% Dapat anda klaim dengan Kode Promo #pemainayam , Hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

    » Nomor WhatsApp : +62812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    Jangan Lupa Klaim Bonusnya Menggunakan Kode Promo Spesial 100% #pemainayam

    ReplyDelete

buat agan-agan, sobat pigeonlovers berikut para pakar geber burung merpati
monggo di share pengalamannya. mohon maaf, komentar bahasanya dijaga.