Camperenik Birds Farm

Monday, July 6, 2015

TIPE WARNA MATA BURUNG MERPATI

Hai Sob ketemu lagi dengan ane nih, moga gak bosan-bosannya cari tahu info soalan seputar hewan peliharaan, khususnya burung merpati dan seluruh penikmat olahraga geber merpati juga. Kali ini ane coba bahas sedikit menyoal tipe warna mata pada burung merpati. Konon katanya dengan bentuk dan tipe warna ini, khususnya para pigeonlovers olahraga geber merpati, meyakini dengan beberapa kecenderungan warna mata tuh, bisa menentukan dalam hal kemenangan saat mengikuti lomba balap maupun lomba tinggian. Ya jelaslah Bro, tanpa mata yang berfungsi secara baik...pastinya doi gak bisa melihat secara total dong...saat ngawang diudara ataupun saat mencari tahu jalan pulang. 

Pengelihatan burung merpati melalui matanya, secara kebanyakan memang dianugerahi ketajaman yang lebih baik....artinya kemampuan doi melihat jarak pandang yang begitu jauh, secara mantap bisa nampak terlihat, disaat doi ngawang diketinggian yang cukup sangat jauh...dan dengan pengelihatannya doi hampir 90 derajat doi bisa nukik, kalau dilatih terus menerus...hebat bukan!! 

Nah, Sob barangkali itulah seninya olahraga geber merpati itu...hebat terlihat, disaat burung merpati kepunyaan agan-agan bisa berakselerasi ngawang diudara, lantas diketinggian yang cukup jauh, bisa spontanitas menukik 90 derajat turun ke bawah. Dalam Soalan ini, khususnya untuk para pigeonlovers yang telah berkecimpung dan makan garam tentang merpati tinggian, perbedaan jenis warna mata ini identik diakui memang cukup berpengaruh. 

Dari berbagai opini yang beredar, penglihatan yang baik itu, nampak pada mata burung yang dari segi lingkaran atau bulatan hitam bagian tengahnya itu (iris) lebih jelas terlihat, yakni lingkaran tengahnya tidak buyar atau melebar ke bagian luarnya, dan jika dilihat lebih jelas lagi, dibagian dalamnya itu tidak nampak terlihat bercak putih. Dan pupil matanya begitu tajam, apalagi saat giring pergerakan pupilnya yang mengecil saat melihat betinanya diyakini memiliki penglihatan yang awas alias responsif dalam melihat sesuatu. 

Sedang dibagian luar lingkaran matanya itu nampak terlihat bersih, tidak ada bercak ataupun goresan bercak yang nampak dibagian luar lingkaran matanya.

Nah, dari opini yang berkembang di kalangan para penikmat burung merpati. Ternyata Sob ada tiga jenis warna mata yang diyakini bisa berfungsi lebih baik, dan bahkan salah satu faktor utama kemenangan dalam berbagai ajang olahraga geber merpati... tiga jenis warna mata merpati ini adalah, warna mata asem, mata air dan mata jagung. 

Mata Asem ini terlihat nampak warna matanya didominasi berwarna mata hitam legam, konon katanya diyakini para fans pigeonlovers, jenis mata ini jika diterbangkan saat pagi dan siang hari, secara pengelihatannya kurang tajam. Namun disore harinya menjelang malam hari, mata jenis seperti ini bisa berfungsi dengan baik dan melihat tajam secara jelas. 

Mata air yakni jenis mata burung merpati dibagian lingkar luarnya itu berwarna putih. Mata warna seperti ini tuh, konon katanya Sob lebih baik dari warna mata asem. Mata jenis ini diyakini dapat melihat jarak pandang yang cukup jauh di pagi, siang dan sore hari. 

Lalu yang ketiga adalah jenis mata jagung, ini diyakini mata jenis ini memiliki pengelihatan yang cukup maksimal, jarak pandang jauhnya diyakini bisa maksimal berfungsi secara baik...dengan catatan...bagian pupil matanya ini, secara diameter bulatannya harus lebih kecil dari ukuran pupil jenis mata lainnya. Dan konon dan terbukti jenis mata ini memiliki jarak pandang pengelihatan yang cukup tajam dan akurat, meski doi jauh terlihat disaat ngawang diudara dan menghampiri betinanya.

Nah catatan lainnya, ada dua tipe warna mata jagung yang ada pada burung merpati ini, yakni mata jagung dengan warna kuning dan bening bercampur warna orange. Lalu ada juga Sobat..warna mata jagung dengan kombinasi warna kuning dan bening bercampur warna merah membara. 

Nah dari kedua tipe warna mata jagung ini, diyakini yang lebih baik adalah warna mata jagung dengan campuran warna merah membara dibagian lingkar luarnya (iris matanya). 

Karakter dari warna mata ini diyakini berpengaruh juga terhadap kinerja si burung merpati. Artinya satu sama lain memiliki kelebihan dan kekurangan juga Sob.... seperti warna mata jagung yang didominasi lingkar luarnya itu berwarna kuning, konon diyakini mudah dilatih saat terbang, lantas mudah hilang pula. 

Kemudian kelebihan lainnya, katanya mudah dijodohkan dengan berbagai pasangan betinanya yang berwarna bulu apa saja. (baca: karakter merpati dari segi warna bulu) 

Karakter dari warna mata asem, merah tua asem, diyakini agak sulit dijodohkan. Tetapi burung mata merah asem ini sangat mudah dilatih dan tidak mudah nyasar...kalaupun nyasar jangan khawatir doi pasti bisa pulang. Sedang mata air, diyakini cocok untuk diterbangkan di sore hari, pagi dan siang.

Lantas ada juga warna mata kiri kanannya itu berlainan warna, diyakini warna mata ini mudah dijodohkan dengan warna bulu burung merpati apa saja, dan diyakini pula lebih cocok dipasangkan dengan warna bulu betina yang bervariasi, yakni tidak satu warna saja. (baca: karakter merpati dari segi warna bulu)

Sedang warna kuning jagung keemasan dengan campuran bagian luar warna merah membara, diyakini burung merpati jenis mata tersebut mudah dijodohkan dengan warna bulu apapun. Dari jarak pandang yang jauh dan pengelihatannya itu lebih tajam, dan mata jenis seperti ini banyak dimiliki oleh burung merpati aduan baik merpati tinggian maupun merpati dasaran/kolongan. 

Secara garis besar Sob...dari morfologi mata burung merpati ini, jelaslah memiliki unsur penting dalam kemampuan saat doi ngawang diudara, disaat doi ngatur jarak nukik secara spontas, serta awas saat melihat musuhnya dengan skill nya mengelak saat bertempur di awang-awang. 

Mata burung secara bentuk dan fungsinya memiliki bulatan biji mata (iris) yang berada dibagian tengahnya. Nah disitu, nampak retina yang berfungsi mampu bereaksi terhadap cahaya. Bulatan biji mata ini jelas harus mempunyai warna tegas dan nampak tak boleh kabur membaur, ada batasan garis yang nampak dan begitu jelas.

Dari soalan ini Sob....emang prestasi burung merpati di balap tinggian atau kolongan itu, memang cukup berpengaruh juga. Namun bisa kita garis benang lurus dari pembicaraan ini, bahwa umumnya karakter merpati juara yang bisa membesut prestasi itu ditentukan dari faktor keturunan, atau biasa kita sebut trah juara bawaan keturunan. Yang secara fisik dari berbagai betuk detail pada burung merpati tersebut, sudah bisa dikatakan cukup sempurna. 

Artinya, dari jenis warna mata sudah jelas dimiliki oleh burung merpati trah juara, namun diambil sedikit kesimpulan...penggabungan dari semua faktor yang berkaitan tersebut, jelasnya akan membuat burung merpati menjadi calaon yang pas dan mantap untuk dilatih menjadi pemenang....meski faktor x dan y lainnya pun berpengaruh juga sob....(baca: melatih burung merpati) dan (baca: merawat burung merpati) 

Jauh kita sadari Sob....merpati memang memiliki sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, baik itu untuk sesuatu keperluan atau hanya sebagai suatu hobi dan kegemaran saja, atau bisa sebagai sarana kepuasan untuk kegemaran yang berbentuk olahraga tersendiri, yakni olahraga geber merpati hehehe... 

Dari soalan diatas tidaklah dikatakan salah satu jenis jenis faktor mata burung saja, yang berpengaruh dan mampu berprestasi...agan-agan!! Tapi selebihnya itu dari kemampuan lainny,a yang memang memiliki deffect penting pada prestasi yang mampu doi torehkan....ini artinya bukan hanya mata saja yang perlu diperhatikan, mulai dari perawatan dan pelatihan, pemberian pakan dan multivitamin, serta kenyamaanan burung saat berada dilingkungan tinggalnya, semua jadi satu kesatuan faktor yang bisa berpengaruh terhadap prestasinya...layaknya olahragawan, tanpa disuplai dengan berbagai persiapan, pelatihan dan perawatan ....tentunya bisa dikatakan mustahil sobbb... karena dengan persiapan yang sempurna, tentu kemenangan pun minimal sudah bisa diharapkan. (baca: melatih burung merpati) 

Kurang lebihnya itu saja Sob...terlepas kesemuanya itu....dari jenis mata ini jelaslah sebagai salah satu acuan saja, tidak bisa dikatakan unsur penting, namun sebagai salah satu unsur pelengkap saja...sisanya mau bentuk mata apapun kalo disiapkan dilatih dan dirawat secara benar dan rutin...toh akhirnya bisa berprestasi juga Sob!! 
Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan sobat pigeonlovers pun bisa sedikit mulai menganalisa mata merpati agan-agan.... See Ya... :)

No comments:

Post a Comment

buat agan-agan, sobat pigeonlovers berikut para pakar geber burung merpati
monggo di share pengalamannya. mohon maaf, komentar bahasanya dijaga.