Camperenik Birds Farm

Tuesday, July 7, 2015

MITOS MERPATI TINGGI

Apa kabar semuanya agan-agan pigeonlovers?! Semoga baik-baik saja dan sehat selalu ya.... Sedikit informasi nih ane kutip beberapa soalan mengenai mitos-mitos yang beredar di dunia geber merpati. Sejatinya geber merpati tak lain hanyalah sekedar hobi. Imbasnya kena ke beberapa orang memang hal-hal seperti ini gak bisa lepas gitu aja Sob. 

Lantas menyoal itu semua, percaya atau gak !! itu kembali lagi pada agan-agan pigeonlovers sekalian. Kalau disangkutpautkan si, adakalanya jika kena sama beberapa orang yang meyakini hal tersebut. Jelaslah diperhatikan betul. Nah, lain soal kalo agan-agan sekalian cuek aja....so far ntu semuanya memang balik lagi ke sobat-sobat sekalian. Terlepas serius atau gak, betul atau kebetulan, ini hanyalah sekedar mitos yang terkadang dan sering dijumpai dilingkungan para penikmat pigeonlovers. Berikut ane runut satu persatu..... 

Pertama mitos yang dijumpai berkenaan dengan merpati yang memiliki ekor panjang dan bentuknya tidak simetris mengecil, tapi malah seolah ngelebar ujungnya. Some says eheheheh....merpati dengan ekor kek gini, gak konsisten saat ngawang diudara. Katanya si diduga gampang sekali ilang, dalam artian gampang ditangkap orang.

Kedua merpati gendong mayit, yakni merpati warna putih dan dibagian punggungnya nampak seperti bentuk mayat, dengan bentuk memanjang dari mulai punggung atas sampai ke ujung bagian pinggulnya. Konon katanya diyakini bentuk seperti ini, sama gak konsisten juga, some says gak kan bener meski agan-agan sudah ngelatihnya. (baca: Melatih burung merpati) 
In fact hal itu belum tentu bisa dijadikan tolak ukur sob....namanya juga myth, tidak bisa dianalisis secara ilmiah....cieee..... 

Merpati dengan bulu warna hitam berikut dipadu dengan paruh putih. Konon katanya merpati model kek gini kurang bisa ngawang secara mentil (ngawang nampak kecil di cakrawala), bahkan sama sekali gak mumpuni, berikut karakter yang kurang baik, katanya si banyak dijumpai pada burung merpati model kayak gini. (baca: karakter fisik merpati yang mampu besut prestasi)

Ada lagi jenis Merpati Mata Air, Cilau mawar, yakni merpati yang memiliki warna mata putih. Konon si katanya burung merpati jenis kayak gini, secara stamina saat mengudara dan berakselerasi di cakrawala, burung ini secara performa maksimal dan staminanya itu tidak kuat. Bahkan apalagi saat ngawang di siang hari. Biasanya doi nggak jelas terbang, bingung dan kesulitan cari jalan pulang.

Lantas ada juga Merpati dengan bulu sayapnya yang beda warna dibagian ujungnya, biasanya jenis kek gini, konon diyakini kalo doi tuh nggak bisa mentil (Bahasa Sunda = ngawang tinggi banget diudara), kurang lebih manuvernya diyakini kurang stylish sobb....heheheh 

Merpati Selap ganjil dibagian bulu sayapnya, biasanya nampak dibagian bulu sayap tengah, yang hanya ada dibagian kiri saja atau kanan saja. Disinyalir, konon katanya burung ini kerap hinggap seenaknya di berbagai tempat saat dilatih untuk ngawang diudara.. barangkali doi ke warteg dulu sob...laper kali ye.....:) . selain itu konon katanya sulit banget untuk dilatih serius. 

Hoki Merpati Juara ini dilapangan banyak yang diyakini, dideskripsikan seperti gini sobb...semisal agan-agan punya burung merpati, terlepas warna apapun itu...saat sobat latih dan ikut ajang tanding katakanlah tanding kecil-kecilan, doi kalah mulu. Lantas saat dibawa ajang Nasional doi bisa juara....

Nah ada lagi kejadian seperti Sobat memiliki burung dari karakter dan trah nya sudah mantap, tapi saat sobat ikut tandingan sama sekali gak pernah juara. Lantas sobat jual ke temen sobat....aih...alih-alih pas dimiliki temen nih,, doi mantap dan selalu menjuarakan tanding geber merpati.... heeheheh aneh memang, dan dilapangan banyak juga kejadian kayak gitu.

Well sob, it’s only just a myth.....percaya atau tidak, benar atau gak benar, betul atau kebetulan semuanya it’s happenned sobb...sisanya ane balikin lagi tuh ke agan-agan sekalian. 

Believe it or not semuanya banyak terjadi kemungkinan yang gak bisa kita duga. Nah barangkali ada agan-agan yang pakar soalan ini, bisa juga dunk kasi comment dan beberapa mitos lainnya yang belum ane ketahui dan ane update.... Salam Pigeonlovers....peace yo....:)

No comments:

Post a Comment

buat agan-agan, sobat pigeonlovers berikut para pakar geber burung merpati
monggo di share pengalamannya. mohon maaf, komentar bahasanya dijaga.