Camperenik Birds Farm

Wednesday, July 8, 2015

TIPS BURUNG MERPATI BISA CEPAT SAAT MENGUDARA

Sebelum membahas merpati bisa terbang cepat. ada baiknya ane perjelas soal peruntukannya. apakah cepatnya untuk having fun saja atau tuk ikut lomba kejuaran? soal kecepatan saat berakselerasi diudara, umumnya semua burung merpati bisa cepat. apalagi jika kita tahu dari keturunan burung tsb, memang sebagai burung trah berkarakter juara. sisanya kalau kita hanya beli, tanpa tahu gen keturunannya, bisa jadi itu pertanyaan besar yang mesti kita cari tahu. semisal dengan mulai menerbangkannya seperti apa kemampuannya? hanya tetap saja burung tersebut mesti harus dalam kondisi punya pasangan dan giring (baca: tips menjodohkan merpati) dan (baca:tips supaya burung bisa giring keras/ngeket).


Tentunya tanpa pasangan dan belum giring keras, kemampuan terbangnya belum bisa kita ketahui sob.... itu mutlak kita gak bisa tahu seperti apa?
banyak kemungkinan mengapa burung yang lagi giring sama pasangannya tidak bisa terbang dengan cepat. (baca: berbagai penyakit burung).

Banyak variabel yang bisa menjadi faktor hambatan itu. bisa jadi kondisi burung sedang dalam keadaan sakit. (baca: tips merawat dan memelihara burung merpati) dan (baca: jenis-jenis pakan burung dan viatamin) atau bisa jadi saat diterbangkan dengan yang lainnya seolah kurang agresif karena gak bisa giring keras dan tidak cocok dengan pasangannya (baca: karakter merpati dilihat dari warna bulu). bahkan bisa jadi karenan terlalu banyak diporsir untuk terus terbang. ataupun mengalami stres dikarenakan, sering terlalu banyak dikurung (baca: tips melatih burung merpati) dan stres saat berada dilingkungan tempat tinggalnya dikandangnya (baca:pagupon dan kandang merpati).

Katakanlah semua itu tidak masalah, alih-alih burung tetap saja gak cepat dan seolah tidak bisa betsaing dengan merpati lawannya. kemungkinan ragam pertanyaan pun hinggap dibenak kita, apa geranngan yang terjadi? weleh ribet.ribet gampang juga nih...
faktor keturunan dan fisik merpati jelas berbeda-beda (baca; karakter fisik merpati yang bisa besut prestasi)

Layaknya kita melatih atlit lari cepat. persoalan pun banyak yang mesti diselesaikan, mulai dari seringnya latihan, kondisi kesehatan dan fiaiknya, lantas moodnya, adapula keturunan berpengaruh juga. tapi kesemuanya itu jelas dari sering melatih, menjaga perwatannya,serta kecocokan dengan pasangannya (baca:menjodohkan merpati). juga menjaga kesehatannya, apalagi kalau ditambah plus-plus ternyata gen keturunannya berkarakter juara. sudah pasti itu tak diragukan lagi.

sepertinyang ane bilang sobat pigeonlovers. meski keturunan ok dan tidak melihat persoalan lainnya, dalam artian tak dirawat, tak dilatih, tak dijaga...ya gak bisa dia bisa terbang cepat dan bersaing dengan burung merpati lainnya.

Menitikbalik dari segi makanan, tentu kalo hanya makanan tak berpengaruh sob..agar burung bisa terbang cepat juga tentu dikarenakan karena kondisi fit tubuhnya juga. artinya mestilah kita memberikan beberapa multivitamin untuk menjaga stamina, kemampuannya si burung...namun tetap ane bilang, kalo gak dilatih dan dipaksa terus minum doping malah bikin tuh merpati tambah stres dan ancur-ancuran.

nah soal burung terbang cepat tuh relatif. gimana tujuannya? mau cepat sampe, atau mau cepat terbang di tengah jalan tapi lambat sampenya, atau mau lambat sampe karena banyak gayanya banyak ngawang berikut sampenya lambat. itu coba sob pikirkan ulang mau karakter yang seperti apa burung yang sob pengen!

difinish juga, soal karakter burung berbeda pula saat diterbangkan bersama lawannya. ada yang langsung bisa ngeshoot (nyetut), turun langsung dengan cepat dan menghentak, adapula yang lembat, ada pula yang betmanuver dengan sistem pengereman abs kayak motor...pakem man. (baca: karakter fisik merpati yang mampu besut prestasi) dan banyak lagi karakter lainnya..seperti nyenggol lawannya lah iseng kayak gitu, atau bahkan ngalangin dan lainnya.

Dimetaporakan layaknya motor, ada yang cepat dihentakan awal. saat start diputaran bawahnya, ada yang kurang menghentak dijarak pendeknya dan ada yang langsung nyerocos saja, bahkan ada yg gak bertenaga pula. tapi saat ditengah jalan dan mulai mendekati tujuan, ada saja masalah, bisa jadi macet, bensinnya abis,motornya butut jadi gak kencang, lancar tapi lambat, bahkan cepat tapi celaka. bahkan lambat tapi sampe. ada pula yang cepat sampe gak celaka, karena motong jalan...nah kalo itu pinter... sedang dibalap burung itu sah saja, yg penting pas finishingnya itu yang dinilai. masuk ring, diskualifikasi, atau bahkan gak masuk patek sama sekali. 

Itu semua lantas, kembali lagi ke sobat pigeonlovers burungnya mau diapakan? mau diternak, mau dibalap, mau diterbangkan tp asyik dipandang dan banyak gaya manuvernya atau mau jadi dipajang doang, dipiara krn senag doang, atau mau diambil dagingnya ehehehe...

Lantas soal kemampuan merpati terbang cepat yang ane bilang, seperti yang dah dirangkum diatas banyak variabel dan soalan yang mesti diperhatikan dan kita ketahui, khususnya kondisi dan historis tuh burung... 
ini hanya sekedar analisis dilapangan saja yang ane tulis. selebihnya nuwun sewu, masih banyak kok pakar yang lebih berpengelaman dari ane pribadi...bisa jadi ada yang kurang dan lain sebagainya yang ane tulis.
semoga membantu dan sedikit memberi pencerahan... salam pigeonlovers

No comments:

Post a Comment

buat agan-agan, sobat pigeonlovers berikut para pakar geber burung merpati
monggo di share pengalamannya. mohon maaf, komentar bahasanya dijaga.